Jumat, 31 Oktober 2014
scalable image
   HOME   PRODUK PERUNDANGAN   PROFIL      KONTAK KAMI    GALERI   LINK TERKAIT    SITEMAP   






KALIBRASI ARAH KIBLAT TEMPAT SHOLAT

Palembang-Humas.
Untuk menertibkan kembali arah kiblat di Provinsi Sumatera Selatan, Kanwil Kemenag Sumsel akan melakukan penetapan dan pengecekan/ kalibrasi arah kiblat setiap tempat sholat dan setiap kamar hotel/ penginapan. Hal ini untuk menindaklanjuti Surat Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI Nomor : DJ.II.2/HK.03.2/2221/2010 tanggal 17 Syafar 1431 H dan dalam rangka menghadapi pelaksanaan SEA Games ke XXVI di Palembang yang akan datang. Untuk Kanwil Kemenag Sumsel melalui Kasi Kemitraan Umat Bidang Urais mengharapkan kepada pemilik hotel / penginapan agar dapat membantu kelancaran kegiatan dimaksud.

"kegiatan ini untuk penetapan dan pengecekan arah kiblat di hotel / dan penginapan yang ada di Kota Palembang,"ujar Herman Kasi Kemitraan Umat di ruang kerjanya. Dan Herman mengatakan bahwa, setelah dilakukan penetapan dan pengecekan/ kalibrasi arah kiblat maka Kanwil Kemenag Sumsel akan mengeluarkan Sertifikat Arah Kiblat pada Mushola dan Stiker Arah Kiblat pada setiap kamar hotel/penginapan. "kita akan memasang sertifikat pada musholla/tempat sholat dan stiker pada kamar hotel/penginapan yang sudah kita cek arah kiblatnya,"terang Herman. Dan ditambahkannya, kegiatan ini sangat penting karena pada bulan Nopember nanti Kota Palembang sebagai salah satu tuan rumah penyelenggaraan SEA Games, dan tentu akan banyak menerima kunjungan tamu-tamu dari manca negara. Dan sambungnya dalam pengukuran arah kiblat Tim Hisab Rukyat menggunakan alat standar yang sudah ditetapkan Kemenag RI yaitu : Theodolit, Kompas Sunto, Global Position System (GPS), dan Kalkulator 4500 PA.

Saat ditanyakan tentang bagaimana hotel atau mushola yang ada didaerah untuk meminta ukur arah kiblat, dengan diplomatis Herman mengatakan agar pihak hotel atau pengurus Musholla dapat menghubungi kami melalui Tim Hisab Rukyat Kanwil Kemenag Sumsel atau dapat berkoordinasi langsung dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota. "bagi pemilik Musholla dan Hotel yang ada didaerah silahkan kontak kami, dan nanti kita akan atur jadwalnya,"terang Herman. Dan ditambahkannya untuk kontak person Tim Hisab Rukyat yaiu Hermansyah (081278898786), Wendi Hermanto (085267534964) dan Jamilul Akhmadi (08163292713).(hms)



Diupload oleh - (-) dalam kategori Bidang Urais pada tanggal 24-02-2011 00:00

Berita Terkait
©2008 Kementerian Agama Republik Indonesia Pusat Informasi Keagamaan dan Kehumasan
Halaman ini diproses dalam waktu 0.020298 detik